BERSAMA MEWUJUDKAN KURIKULUM MERDEKA UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA (UTM) DENGAN INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER (ITS)

SURABAYA, Rabu 09/09, 2020 tepat pukul 13.40 WIB, telah dilaksanakan acara penandatanganan NOTA KESEPAHAMAN antara Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) yang ditandatangani oleh Rektor UTM Dr. Drs. Ec. H. Muh. Syarif, M.Si dan Rektor ITS Prof. Dr. Ir. Mochamad Ashari, M. Eng dengan disaksikan oleh beberapa undangan dari UTM maupun ITS. Nota Kesepahaman tersebut memuat pasal – pasal kerjasama antara UTM dan ITS untuk pengembangan Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian dalam bidang Teknik dan Kelautan.

MOU ITS 1Bertempat di gedung rektorat ITS Sukolilo Surabaya, acara dihadiri oleh Rektor UTM beserta jajarannya, Dekan Fakutas Pertanian beserta wakilnya dan Fakultas Teknik, Ketua Jurusan Ilmu Kelautan UTM Dr. H. Agus Romadhon, S. P., M. Si, beserta perwakilan Dosen Ilmu Kelautan UTM  Dr. Zainul Hidayah, S. Pi., M. App,Sc, serta Rektor ITS beserta pejabat terkait di lingkungan ITS, Dekan Fakultas Teknik dan Kelautan ITS Dr. Eng. Trika Pitana, S. T., M. Sc, dengan harapan bersama meningkatkan kegiatan kerjasama Tridharma Perguruan Tinggi dalam bidang teknik dan kelautan. Bersama dengan itu diharapkan pula dapat mewujudkan Kurikulum Merdeka dalam rangka mendukung implementasi Merdeka Belajar – Kampus Merdeka yang dapat dilaksanakan oleh UTM dan ITS sesuai dengan Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Rektor ITS dalam sambutannya menegaskan bahwa “ di pendidikan kita bisa kerjasama dalam bidang kampus merdeka, dikemahasiswaan juga bisa dilakukan kerjasama serta yang lainnya”. Sedangkan Rektor UTM menyampaikan terimakasih dan apresiasi atas sambutan dan kerjasamanya, sehingga kedepannya akan menindak lanjuti kerjasama tersebut antar fakultas teknik, pertanian dan riset-riset yang ada di Madura serta kegiatan yang berkaitan dan mendukung implementasi Kampus Merdeka. “ Semoga kerjasama ini bisa mendapatkan manfaat kedepannya” pungkas Dr. Drs. Ec. H. Muh. Syarif, M.Si.

Setelah penandatanganan MoU, dilanjutkan dengan diskusi oleh kedua belah pihak tentang kegiatan-kegitan yang akan dilaksnakan kedepannya. Disampaikan oleh Warek 4 ITS bahwa selain kerjasama tridharma Perguruan Tinggi, kegiatan kerjasama dapat berupa pengembangan sumberdaya manusia untuk melanjutkan pendidikan jenjang S2 dan S3, kemudia dapat pula melakukan penelitian dengan tim Fisika ITS dalam pembuatan Baterai Litium dengan bahan dasar garam rakyat dan limbahnya, serta kajian teknologi tepat guna terkait mekanisasi penggaraman, mengingat bahwa Garam merupakan salah satu cluster unggul UTM dan icon pulau Madura sebagai “Pulau Garam”. Selain garam dapat juga melakukan riset tentang pulau-pulau terluar di Madura.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *