Kuliah Tamu ” Konservasi dan Pulau-Pulau Kecil”

Bangkalan, 22 Maret 2016, Program Studi Ilmu Kelautan Universitas Trunojoyo Madura kembali meyelenggarakan kegiatan Kuliah Tamu. Kali ini prodi kedatangan Guru Besar dalam bidang Ilmu Ekologi Pesisir dan Laut Institut Pertanian Bogor  yaitu Prof. Prof. Dr. Ir. Dietriech Geoffrey Bengen, DAA, DEA. Pada kesempatan ini beliau memaparkan materi mengenai Distribusi Kawasan Konservasi dan Pulau-pulau Kecil berkelanjutan.

 

Beliau menjelaskan bahwa Pulau Madura memiliki potensi sumberdaya pesisir yang sangat besar sebab Madura dikelilingi pulau-pulau kecil dengan ekosistem yang masih bagus. Jika hal ini dapat dikembangkan dan dimanfaatkan sebagai kawasan konservasi yang berkelanjutan maka dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat dan khususnya bagi prodi Ilmu Kelautan sebagai salah satu prodi di wilayah madura. Berbagai cara konservasi yang berkelanjutan diantaranya berupa konservasi dengan melakukan zonasi atau memanfaatkan sebagai minawisata bahari.

Harapannya dengan diadakan Kuliah Tamu ini mahasiswa memahami potensi yang dapat dikembangkan di wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil, kegiatan konservasi yang bisa dilakukan, dan juga beberapa masalah yang biasanya dihadapi pada daerah konservasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *