KULIAH TAMU KONSULTANSI PESISIR DAN LAUT

_MG_0043

Bangkalan (Kamis, 09 Mei 2019), Jurusan Kelautan dan Perikanan telah menyelenggarakan kuliah tamu yang bertajuk Konsultansi Pesisir dan Laut. Bapak Arisandi Dwiharto, Direktur  PT GSP (Global Solusi Prima) ahli bidang konsultansi hadir sebagai narasumber yang disambut hangat oleh seluruh mahasiswa prodi ilmu kelautan di aula Lantai 10 gedung Rektorat UTM. Berbagai tips dan trik sukses dalam bidang konsultan khusus pesisir dan laut dipaparkan secara antusias dan menarik.

Sambutan Dekan Fakultas Pertanian Universitas Trunojoyo Madura, Dr. Ir. Slamet Subari. M.Si. menjadi pembukaan kegitan tersebut.“kuliah tamu ini adalah salah satu bentuk dari kerja sama yang dijalani antara UTM dan PT. GSP dalam bidang pendidikan dan SDM “ ujar Bapak Sobari., M.Si.

Harapannya dari kuliah tamu ini dapat meningkatkan wawasan mahasiswa ilmu kelautan terkait bidang konsultansi kelautan. Selain itu, diharapkan mampu meningkatkan semangat mahasiswa untuk menjadi seorang konsultan yang sukses” lanjut Bapak Slamet Subari.

_MG_0030

Wahyu Andy Nugraha, ST., M.Sc., Ph.D, sebagai  moderator acara meyampaikan biodata dan pengalaman-pengalaman bapak Arisandi dibidang konsultansi.

Banyak hal yang dipaparkan oleh narasumber, salah satunya tentang alasan utama proposal seorang konsulan disetujui adalah

  1. Memiliki ciri unggulan (idenya fresh atau usulannya unggul dibanding yang lainnya).
  2. Nilai efesien dan efektif, maksudnya adalah usulan yang diproposal menggambarkan langkah efesien dan efektif dibandingkan pesaing
  3. Implementasi mudah, yaitu semua item mudah diaplikasikan dalam kehidupan masyarakat
  4. Multy player effect, yaitu satu usulan ide dapat memberikan pengaruh pada semua atau beberapa problem
  5. Resiko dikendalikan, yaitu setiap resiko disajikan dalam tiap bahasan untuk mempermudah kontrol

 “point penting yang harus diingat seorang konsultan adalah low capital high benefit and more networking” tutup Bapak Arisandi.

_MG_0049

_MG_0055

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *