PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT PRODI ILMU KELAUTAN

Sumenep, (1/5), Hari Selasa tanggal 1 Mei 2018 Program Studi Ilmu Kelautan Universitas Trunojoyo Madura kembali melakukan kegiatan tahunannya yakni “Pengabdian Kepada Masyarakat”. Pengabdian kali ini dilakukan di Pulau Gili Labak, Sumenep dengan Tema “Pengembangan Potensi Pulau Gili Labak melalui Kreativitas Tanpa Batas”. Pengabdian ini turut dihadiri oleh Ketua Jurusan Kelautan dan Perikanan Dr. H. Agus Romadhon,SP., M.Si dan Ketua Prodi Ilmu Kelautan Dr. Zainul Hidayah, S.Pi., M.App.Sc.

_MG_0020

Pelaksanaan dimulai pukul 01.00 WIB berangkat dari Bangkalan, istirahat di Masjid Jami’ Sumenep. Pemberangkatan ke pelabuhan Kalianget pada jam 05.30 yang dilanjutkan dengan menyebrang ke Talango pada pukul 05.30 WIB yang dilanjut dengan perjalanan darat ke perairan Kombang dan menyeberang kembali ke pulau Gili Labak pada pukul 07.00 WIB. Dengan menempuh perjalan selama 1 jam 30 menit telah sampai ke pulau Gili labak.

_MG_0022

Kegiatan utama pengabdian kepada masyrakat pulau Gili Labak yaitu pengolahan ikan menjadi “Sempol”. Dengan adanya pelatihan pengolahan ikan ini diharapkan masyarakat Pulau Gili Labak dapat meningkatkan potensi perikanan pulau tersebut. Masyarakat pulau Gili Labak sangat antusias dalam mengikuti kegiatan pengabdian terlihat dari ekspresi mereka yang bersemangat dalam mengolah ikan.

_MG_0129

_MG_0170

_MG_0176

Di akhir Acara Program Studi Ilmu Kelautan memberikan sebuah bingkisan kepada masyarakat pulau Gili Labak yaitu Coll Box yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat pulau Gili Labak untuk menyimpan ikan hasil tangkapan mereka.

_MG_0244

_MG_0240

_MG_0246

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *