Kebijakan Dan Sasaran Serta Strategi Pencapaian PS IKL UTM
No | Sasaran PS Ilmu Kelautan UTM | Target Capaian | ||||||||||||
Sasaran Prodi | Indikator | Strategi Pencapaian | Base-line | 2014 | 2015 | 2016 | 2017 | 2018 | ||||||
1 |
Merancang dan melaksanakan kualitas pendidikan |
|||||||||||||
1.1 | Evaluasi dan penyempurnaan Kurikulum | prodi sudah melaksanakan evaluasi dan penyempurnaan kurikulum | 1. Updating informasi
2. Benchmarking kurikulum kepada perguruan tinggi negeri lain yang sudah terakreditasi A 3. Mengundang stakeholders untuk memberi masukan terkait kurikulum yang akan dirancang 4. Menyelenggarakan lokakarya pengembangan kurikulum |
belum | belum | belum | sudah | sudah | sudah | |||||
1.2 | Peningkatan kualitas penyelenggaraan Sistem pembelajaran | Jumlah dosen yang telah lulus pelatihan teknik instruksional Pekerti dan AA | 1. Pengembangan sistem penjaminan mutu program studi
2. Menyelenggarakan pelatihan pembuatan media pembelajaran bagi dosen, misalnya Pekerti, AA. 3. Menyusun SAP dan GBPP untuk setiap mata kuliah |
80%
belum
40% |
95%
Terlaksana
45% |
100%
terlaksana
50% |
100%
terlaksana
55% |
100%
terlaksana
60% |
100%
terlaksana
65% |
|||||
Persentase mata kuliah berbasis media cetak dan elektronik | ||||||||||||||
1.3 | Ketepatan masa studi
|
Rerata lulusan S1 menyelesaikan kuliahnya tepat waktu
|
1. Desain kurikulum yang mampu mengakselerasi lulusan
2. Keikutsertaan mahasiswa dalam peneltian yang dilakukan dosen 3. Penawaran topik-topik skripsi melalui bidang minat/laboratorium 4. Pelatihan penulisan artikel ilmiah/metode penelitian |
4 tahun, 3 bulan | 4 tahun, 2 bulan | 4 tahun, 1 bulan | 4 tahun, 0 bulan | 4 tahun, 0 bulan | 4 tahun, 0 bulan | |||||
1.4 | Peningkatan IPK
mahasiswa |
Rerata IPK mahasiswa lulusan S1
|
1. Keikutsertaan mahasiswa dalam penelitian yang dilakukan dosen
2. Pelatihan penulisan artikel ilmiah/metode penelitian 3. Menyediakan layanan Bimbingan dan konselling bagi mahasiswa |
3,08 | 3,08 | 3,08 | 3,08 | 3,08 | 3,1 | |||||
1.5 | Pengurangan persentase
DO/keluar |
Persentase angka DO/keluar mahasiswa
|
1. Optimalisasi peran dosen pembimbing akademik
2. Menyediakan layanan bimbingan dan konselling bagi mahasiswa 3. Melakukan evaluasi setiap akhir semester |
6% | 5% | 5% | 2% | 2% | 2% | |||||
1.6 | Peningkatan Kualitas Dosen | Persentase dosen yang berkualifikasi Doktor (S3) | 1. Identifikasi kebutuhan dosen yang akan melanjutkan studi lanjut S3
2. Mengikutsertakan dosen dalam pelatihan peningkatan bahasa inggris dan bahasa asing lainnya |
17% | 35% | 47% | 47% | 47% | 53% | |||||
Persentase dosen yang berkualifikasi jabatan fungsional lektor kepala dan guru besar | 1. Identifikasi dosen yang belum memiliki jabatan fungsional lektor kepala
2. Pengusulan jabatan fungsional lektor kepala dan guru besar |
0,05% | 0,05% | 18% | 18% | 24% | 35% | |||||||
1.7 | Peningkatan kompetensi dosen | Persentase Dosen Bersertifikasi | 1. Percepatan studi lanjut bagi dosen yang masih S2
2. Pelatihan teknik instruksional bagi dosen 3. Penyelenggaraan lokakarya penulisan proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat 4. Penyelenggaraan pelatihan penulisan artikel ilmiah |
70% | 80% | 94% | 94% | 100% | 100% | |||||
1.8 | Sarana dan prasarana pendukung pendidikan
|
Rasio luas bangunan per mahasiswa | 1. Menghitung rasio kebutuhan sarana dan prasarana terhadap mahasiswa yang ada
2. Menyusun Master Plan pengembangan Sarana dan prasarana pendukung pendidikan |
1 | 1,2 | 1,2 | 1,2 | 1,2 | 1,2 | |||||
Persentase matakuliah ber-handout dan berdiktat
|
1. Menyelenggarakan pelatihan pembuatan media pembelajaran bagi dosen, misalnya Pekerti, AA.
2. Menyelenggarakan hibah buku ajar |
90% | 100% | 100% | 100% | 100% | 100% | |||||||
1.9 | Penguatan profesionalitas tenaga kependidikan (PLP)
|
Persentase PLP mengikuti Pelatihan dan Magang
|
1. Melakukan identifikasi kompetensi tenaga kependidikan
2. Pelatihan dan magang tenaga PLP |
50% | 50% | 100% | 100% | 100% | 100% | |||||
1.10 | Peningkatan mutu akreditasi
|
Peringkat Akreditasi Prodi | 1. Pengajuan akreditasi ulang
|
B | B | B | B | A | A | |||||
2 | Peningkatan ketersediaan dan keterjangkauan layanan pendidikan | |||||||||||||
2.1 | Peningkatan daya tampung mahasiswa | Pagu mahasiswa baru yang diterima
|
1. Menghitung rasio kebutuhan sarana dan prasarana terhadap mahasiswa yang ada
2. Menyusun Master Plan pengembangan Sarana dan prasarana pendukung pendidikan |
1:1 | 1:2 | 1:2 | 1:2 | 1:2 | 1:2 | |||||
2.2 | Pengembangan kuantitas dan kualitas sistem pengelolaan beasiswa | Persentase mahasiswa yang mendapat beasiswa
|
1. Mencari informasi penawaran beasiswa oleh lembaga pemberi beasiswa
2. Melaksanakan program pembinaan bagi mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi |
10% | 10% | 10% | 10% | 10% | 10% | |||||
3 | Penguatan pola pembinaan dan pengembangan kemahasiswaan dan peran alumni | |||||||||||||
3.1 | Peningkatan kecepatan mendapatkan pekerjaan setelah lulus | Masa tunggu lulusan mendapat pekerjaan sesudah kelulusan
|
1. Pengintegrasian unsur soft skill dan enterpreunership dalam proses pendidikan
2. Memberikan layanan pembinaan karir dan kewirausahaan pada Career Development and Enterpreneurship Center (CDEC) 3. Pelatihan bahasa inggris |
≤ 8 bulan | ≤ 7 bulan | ≤ 7 bulan | ≤ 7 bulan | ≤ 6 bulan | ≤ 6 bulan | |||||
3.2 | Penguatan penguasaan bahasa asing dan Teknologi Informasi dan komunikasi bagi mahasiswa | Persentase mahasiswa yang memiliki TOEFL ≥450 (per tahun)
|
1. Pelatihan bahasa inggris intensif | <50% | 55% | 60% | 65% | 70% | 75% | |||||
3.3 | Pembinaan dan pengembangan Alumni melalui pelatihan life skill | Jumlah pelatihan bagi alumni yang baru lulus
|
1. Penguatan pusat informasi lapangan kerja dan pelatihan tenaga kerja | 1 | 1 | 2 | 2 | 2 | 3 | |||||
3.4 | Peningkatan kompetensi alumni | Nilai Kepuasan Pengguna Lulusan Terhadap Kualitas Alumni | 1. Updating kurikulum
2. Hearing dengan stakeholders 3. Survei kepuasaan pengguna alumni |
300 | 300 | 300 | 350 | 350 | 400 | |||||
4 | Peningkatan dan pengembangan kapasitas infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi | |||||||||||||
4.1 | Penambahan kapasitas akses internet
|
Penambahan kapasitas bandwith (Mbps)
|
1. Menganalisis log akses terkait dengan pemanfaatan internet
2. Mengoptimalkan bandwidth managemen, untuk mengatur penggunaan bandwidth di masing masing fakutlas /unit |
80 | 120 | 200 | 300 | 400 | 500 | |||||
4.2 | Penambahan kapasitas hot spot pada sentral kegiatan mahasiswa
|
Jumlah titik hot spot
|
1. Pemetaan titik titik area publik di lingkungan UTM
2. Penambahan instalasi listrik pada titik-titik area publik 3. Pengoptimalan wifi controller untuk mengatur penggunaan titik-titik hot spot |
30 | 35 | 40 | 45 | 50 | 55 | |||||
4.3 | Pengembangan website
|
Jumlah website
|
1. Melakukan identifikasi kebutuhan terkait dengan fitur dan modul website
2. Memetakaan penggunaan IP publik 3. Membuat SOP terkait dengan pengisian konten website, untuk menjamin keberlangsungan isi website |
1 | 1 | 2 | 2 | 3 | 3 | |||||
5 | Pelaksanaan pola manajemen good governance dan profesional | |||||||||||||
5.1 | Pengelolaan SDM
|
Tersedianya dokumen pengelolaan SDM
|
1. Penyusunan dokumen SDM
2. Penyusunan SOP studi lanjut 3. Penyusunan manual prosedur: studi lanjut, pembinaan karir dosen |
Tidak ada | ada | ada | ada | ada | ada | |||||
5.2 | Peningkatan kualitas Akademik | Tersusunnya Dokumen Akademik
|
1. Penyusunanan kebijakan akademik, standar mutu akademik dan peraturan akademik
2. Laporan kegiatan akademik 3. Monitoring dan evaluasi akademik |
ada | ada | ada | ada | ada | ada | |||||
5.3 | Pengembangan Sistem Manajemen Aset
|
Tersusunnya Sistem Informasi Manajemen Aset | 1. Penyusunan SOP manajemen aset
2. Sosialisasi sistem informasi aset 3. Pelatihan penggunaan sistem informasi aset 4. Evaluasi pengelolaan aset |
ada | ada | ada | ada | ada | ada | |||||
Dokumen aset universitas | 1. Tersusunnya buku aset
2. Pemeliharaan aset 3. Monitoring aset 4. Audit barang milik negara |
|||||||||||||
5.4 | Transparansi Pengelolaan Keuangan | Tersedianya dokumen pengelolaan keuangan | 1. Penyusunan SOP pengelolaan keuangan
2. Sosialisasi SOP pengelolaan keuangan |
ada
ada |
ada
ada |
Ada
ada |
Ada
ada |
Ada
ada |
Ada
ada |
|||||
Adanya dokumen tata pamong
|
1. Penyusunan jadwal audit di tingkat fakultas dan unit
2. Pelaksanaan audit secara berkala 3. Penyampaian hasil temuan audit kepada auditee dan pimpinan unit |
|||||||||||||
5.5 | Tata Pamong
|
Adanya dokumen tata pamong
|
1. Penyusunan dokumen Statuta, OTK, dan Renstra
2. Sosialisasi sistem tata pamong 3. Pelaksanaan tata pamong 4. Evaluasi sistem tata pamong |
ada | Ada | ada | ada | ada | ada | |||||
5.6 | Peningkatan kualitas tenaga kependidikan untuk menghasilkan tenaga profesional | Jumlah tenaga kependidikan yang bersertifikat keahlian dan profesi
|
1. Mengirim tenaga kependidikan untuk mengikuti pelatihan profesi
2. Mengadakan in-house training keahlian tertentu |
2 | 2 | 2 | 2 | 3 | 4 | |||||
5.7 | Peningkatan ketersediaan sarana dan prasarana pendukung dalam pelaksanaan tugas | Jumlah perangkat komputer untuk pelayanan akademik
|
1. Menginventarisasi aset komputer universitas
2. Melakukan pemberdayaan organisasi ikoma dan alumni untuk memberikan bantuan komputer terhadap fakultas |
2 | 4 | 4 | 4 | 5 | 5 | |||||
5.8 | Penegakan disiplin dan pelaksanaan kode etik dosen | Tersedianya dokumen kode etik dosen
|
1. Membentuk tim taskforce untuk membuat dokumen kode etik
2. Melakukan proses hearing dengan mahasiswa dan dosen untuk menggali bahan kajian kode etik |
ada | ada | ada | ada | ada | ada |