Program Kerja

Kebijakan Dan Sasaran Serta Strategi Pencapaian PS IKL UTM

 

No Sasaran PS Ilmu Kelautan UTM Target Capaian
Sasaran Prodi Indikator Strategi Pencapaian Base-line 2014 2015 2016 2017 2018
 

1

 

Merancang dan melaksanakan kualitas pendidikan

1.1 Evaluasi dan penyempurnaan Kurikulum prodi sudah melaksanakan evaluasi dan penyempurnaan kurikulum 1.     Updating informasi

2.     Benchmarking kurikulum kepada perguruan tinggi negeri lain yang sudah terakreditasi A

3.     Mengundang stakeholders untuk memberi masukan terkait kurikulum yang akan dirancang

4.     Menyelenggarakan lokakarya pengembangan kurikulum

belum belum belum sudah sudah sudah
1.2 Peningkatan kualitas penyelenggaraan Sistem pembelajaran Jumlah dosen yang telah lulus pelatihan teknik instruksional Pekerti dan AA 1.     Pengembangan sistem penjaminan mutu program studi

2.     Menyelenggarakan pelatihan pembuatan media pembelajaran bagi dosen, misalnya Pekerti, AA.

3.     Menyusun SAP dan GBPP untuk setiap mata kuliah

80%

 

 

belum

 

 

 

40%

95%

 

 

Terlaksana

 

 

45%

100%

 

 

terlaksana

 

 

50%

100%

 

 

terlaksana

 

 

55%

100%

 

 

terlaksana

 

 

60%

100%

 

 

terlaksana

 

 

65%

Persentase mata kuliah berbasis media cetak dan elektronik
1.3 Ketepatan masa studi

 

Rerata lulusan S1 menyelesaikan kuliahnya tepat waktu

 

1.     Desain kurikulum yang mampu mengakselerasi lulusan

2.     Keikutsertaan mahasiswa dalam peneltian yang dilakukan dosen

3.     Penawaran topik-topik skripsi melalui bidang minat/laboratorium

4.     Pelatihan penulisan artikel ilmiah/metode penelitian

4 tahun, 3 bulan 4 tahun, 2 bulan 4 tahun, 1 bulan 4 tahun, 0 bulan 4 tahun, 0 bulan 4 tahun, 0 bulan
1.4 Peningkatan IPK

mahasiswa

Rerata IPK mahasiswa lulusan S1

 

1.     Keikutsertaan mahasiswa dalam penelitian yang dilakukan dosen

2.     Pelatihan penulisan artikel ilmiah/metode penelitian

3.     Menyediakan layanan Bimbingan dan konselling bagi mahasiswa

3,08 3,08 3,08 3,08 3,08 3,1
1.5 Pengurangan persentase

DO/keluar

Persentase angka DO/keluar mahasiswa

 

1.    Optimalisasi peran dosen pembimbing akademik

2.    Menyediakan layanan bimbingan dan konselling bagi mahasiswa

3.    Melakukan evaluasi setiap akhir semester

6% 5% 5% 2% 2% 2%
1.6 Peningkatan Kualitas Dosen Persentase dosen yang berkualifikasi Doktor (S3) 1.     Identifikasi kebutuhan dosen yang akan melanjutkan studi lanjut S3

2.     Mengikutsertakan dosen dalam pelatihan peningkatan bahasa inggris dan bahasa asing lainnya

17% 35% 47% 47% 47% 53%
Persentase dosen yang berkualifikasi jabatan fungsional lektor kepala dan guru besar 1.    Identifikasi dosen yang belum memiliki jabatan fungsional lektor kepala

2.    Pengusulan jabatan fungsional lektor kepala dan guru besar

0,05% 0,05% 18% 18% 24% 35%
1.7 Peningkatan kompetensi dosen Persentase Dosen Bersertifikasi 1.     Percepatan studi lanjut bagi dosen yang masih S2

2.     Pelatihan teknik instruksional bagi dosen

3.     Penyelenggaraan lokakarya penulisan proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat

4.     Penyelenggaraan pelatihan penulisan artikel ilmiah

70% 80% 94% 94% 100% 100%
1.8 Sarana dan prasarana pendukung pendidikan

 

Rasio luas bangunan per mahasiswa 1.      Menghitung rasio kebutuhan sarana dan prasarana terhadap mahasiswa yang ada

2.      Menyusun Master Plan pengembangan Sarana dan prasarana pendukung pendidikan

1 1,2 1,2 1,2 1,2 1,2
Persentase matakuliah ber-handout dan berdiktat

 

1.      Menyelenggarakan pelatihan pembuatan media pembelajaran bagi dosen, misalnya Pekerti, AA.

2.      Menyelenggarakan hibah buku ajar

90% 100% 100% 100% 100% 100%
1.9 Penguatan profesionalitas tenaga kependidikan (PLP)

 

Persentase PLP mengikuti Pelatihan dan Magang

 

1.      Melakukan identifikasi kompetensi tenaga kependidikan

2.      Pelatihan dan magang tenaga PLP

50% 50% 100% 100% 100% 100%
1.10 Peningkatan mutu akreditasi

 

Peringkat Akreditasi Prodi 1.      Pengajuan akreditasi ulang

 

B B B B A A
2 Peningkatan ketersediaan dan keterjangkauan layanan pendidikan
2.1 Peningkatan daya tampung mahasiswa Pagu mahasiswa baru yang diterima

 

1.      Menghitung rasio kebutuhan sarana dan prasarana terhadap mahasiswa yang ada

2.      Menyusun Master Plan pengembangan Sarana dan prasarana pendukung pendidikan

1:1 1:2 1:2 1:2 1:2 1:2
2.2 Pengembangan kuantitas dan kualitas sistem pengelolaan beasiswa Persentase mahasiswa yang mendapat beasiswa

 

1.      Mencari informasi penawaran beasiswa oleh lembaga pemberi beasiswa

2.      Melaksanakan program pembinaan bagi mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi

10% 10% 10% 10% 10% 10%
3 Penguatan pola pembinaan dan pengembangan kemahasiswaan dan peran alumni
3.1 Peningkatan kecepatan mendapatkan pekerjaan setelah lulus Masa tunggu lulusan mendapat pekerjaan sesudah kelulusan

 

1.      Pengintegrasian unsur soft skill dan enterpreunership dalam proses pendidikan

2.      Memberikan layanan pembinaan karir dan kewirausahaan pada Career Development and Enterpreneurship Center (CDEC)

3.      Pelatihan bahasa inggris

≤ 8 bulan ≤ 7 bulan ≤ 7 bulan ≤ 7 bulan ≤ 6 bulan ≤ 6 bulan
3.2 Penguatan penguasaan bahasa asing dan Teknologi Informasi dan komunikasi bagi mahasiswa Persentase mahasiswa  yang memiliki TOEFL ≥450 (per tahun)

 

1.      Pelatihan bahasa inggris intensif <50% 55% 60% 65% 70% 75%
3.3 Pembinaan dan pengembangan Alumni melalui pelatihan life skill Jumlah pelatihan bagi alumni yang baru lulus

 

1.      Penguatan pusat informasi lapangan kerja dan pelatihan tenaga kerja 1 1 2 2 2 3
3.4 Peningkatan kompetensi alumni Nilai Kepuasan Pengguna Lulusan Terhadap Kualitas Alumni 1.      Updating kurikulum

2.      Hearing dengan stakeholders

3.      Survei kepuasaan pengguna alumni

300 300 300 350 350 400
4 Peningkatan dan pengembangan kapasitas infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi
4.1 Penambahan kapasitas akses internet

 

Penambahan kapasitas bandwith (Mbps)

 

1.      Menganalisis log akses terkait dengan pemanfaatan internet

2.      Mengoptimalkan bandwidth managemen, untuk mengatur penggunaan bandwidth di masing masing fakutlas /unit

80 120 200 300 400 500
4.2 Penambahan kapasitas hot spot pada sentral kegiatan mahasiswa

 

Jumlah titik hot spot

 

1.      Pemetaan titik titik area publik di lingkungan UTM

2.      Penambahan instalasi listrik pada titik-titik area publik

3.      Pengoptimalan wifi controller untuk mengatur penggunaan titik-titik hot spot

30 35 40 45 50 55
4.3 Pengembangan website

 

Jumlah website

 

1.      Melakukan identifikasi kebutuhan terkait dengan fitur dan modul website

2.      Memetakaan penggunaan IP publik

3.      Membuat SOP terkait dengan pengisian konten website, untuk menjamin keberlangsungan isi website

1 1 2 2 3 3
5 Pelaksanaan pola manajemen good governance dan profesional
5.1 Pengelolaan SDM

 

Tersedianya dokumen pengelolaan SDM

 

1.      Penyusunan dokumen SDM

2.      Penyusunan SOP studi lanjut

3.      Penyusunan manual prosedur: studi lanjut, pembinaan karir dosen

Tidak ada ada ada ada ada ada
5.2 Peningkatan kualitas Akademik Tersusunnya Dokumen Akademik

 

1.      Penyusunanan kebijakan akademik, standar mutu akademik dan peraturan akademik

2.      Laporan kegiatan akademik

3.      Monitoring dan evaluasi akademik

ada ada ada ada ada ada
5.3 Pengembangan Sistem Manajemen Aset

 

Tersusunnya Sistem Informasi Manajemen Aset 1.      Penyusunan SOP manajemen aset

2.      Sosialisasi sistem informasi aset

3.      Pelatihan penggunaan sistem informasi aset

4.      Evaluasi pengelolaan aset

ada ada ada ada ada ada
Dokumen aset universitas 1.      Tersusunnya buku aset

2.      Pemeliharaan aset

3.      Monitoring aset

4.      Audit barang milik negara

5.4 Transparansi Pengelolaan Keuangan Tersedianya dokumen pengelolaan keuangan 1.      Penyusunan SOP pengelolaan keuangan

2.      Sosialisasi SOP pengelolaan keuangan

ada

 

 

ada

ada

 

 

ada

Ada

 

 

ada

Ada

 

 

ada

Ada

 

 

ada

Ada

 

 

ada

Adanya dokumen tata pamong

 

1.      Penyusunan jadwal audit di tingkat fakultas dan unit

2.      Pelaksanaan audit secara berkala

3.      Penyampaian hasil temuan audit kepada auditee dan pimpinan unit

5.5 Tata Pamong

 

Adanya dokumen tata pamong

 

1.      Penyusunan dokumen Statuta, OTK, dan Renstra

2.      Sosialisasi sistem tata pamong

3.      Pelaksanaan tata pamong

4.      Evaluasi sistem tata pamong

ada Ada ada ada ada ada
5.6 Peningkatan kualitas tenaga kependidikan untuk menghasilkan tenaga profesional Jumlah tenaga kependidikan yang bersertifikat keahlian dan profesi

 

1.      Mengirim tenaga kependidikan untuk mengikuti pelatihan profesi

2.      Mengadakan in-house training keahlian tertentu

2 2 2 2 3 4
5.7 Peningkatan ketersediaan sarana dan prasarana pendukung dalam pelaksanaan tugas Jumlah perangkat komputer untuk pelayanan akademik

 

1.      Menginventarisasi aset komputer universitas

2.      Melakukan pemberdayaan organisasi ikoma dan alumni untuk memberikan bantuan komputer terhadap fakultas

2 4 4 4 5 5
5.8 Penegakan disiplin dan pelaksanaan kode etik dosen Tersedianya dokumen kode etik dosen

 

1.      Membentuk tim taskforce untuk membuat dokumen kode etik

2.      Melakukan proses hearing dengan mahasiswa dan dosen untuk menggali bahan kajian kode etik

ada ada ada ada ada ada

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *