SERTIFIKASI KOMPETENSI GARAM I

111Bangkalan, (17/12) TUK Garam dan Kelautan Universitas Trunojoyo Madura dan Lembaga sertifikasi Profesi Kelautan (LSP Kelautan) sukses mengadakan sertifikasi kompetensi bidang garam dengan mengangkat dua skema kompetensi yakni Produksi Garam Bahan Baku dan Perencanaan Lahan Produksi Garam pada Hari Senin – Selasa tanggal 17 – 18 Desember 2018 di Ruang TUK Garam dan Kelautan Universitas Trunojoyo Madura dengan jumlah peserta 40 orang, Asesor 5 orang, Panitia dari LSP Kelautan KKP 5 orang dan Panitia TUK Garam dan Kelautan UTM 5 orang.

Diusianya yang masih muda, TUK Garam dan Kelautan mampu untuk mengadakan acara sertifikasi kompetensi yang bekerja sama dengan LSP Kelautan serta Badan Nasional Sertifikasi Profesi. Pembukaan acara diselenggarakan di ruang aula lantai 10 Gedung Graha Utama Rektorat-Universitas Trunojoyo Madura.

Uji Sertifikasi Profesi kali ini diikuti oleh 40 orang ini berasal dari berbagai daerah yang berbeda dari seluruh Indonesia. Selain itu peserta yang mengikuti sertifikasi ini berasal dari latar belakang  yang berbeda seperti seorang dosen, pembisnis, petambak, petani dan mahasiswa. Pembukaan acara sertifikasi turut dihadiri oleh Ketua TUK Garam dan Kelautan Bapak Dr. H. Agus Romadhon, SP., M.Si, Ketua PUI Garam Bapak Dr. H. Makhfud Efendy, S.Pi., M.Si,  Sekretaris Jurusan Kelautan dan Perikanan Bapak Wahyu Andy Nugraha, ST., M.Sc., Ph.D yang mewakili Dekan Fakultas Pertanian, perwakilan dari LSP Kelautan, serta perwakilan dari Direktorat Jasa Kelautan Ditjen Pengelolaan Ruang laut Bapak Mohamad Zaki Mahasin, S.Pi., M.Si.

222Pelaksanaan Kegiatan diawali dengan pembekalan pada Skema 1 yaitu Produksi Garam Bahan Baku yang dilaksanakan pada Minggu malam Pukul 21.00 WIB bertempat di Aula Hotel Ningrat Kabupaten Bangkalan, adapun pelaksanaan Pembekalan dipimpin langsung oleh Panitia LSP Kelautan, TUK Garam dan Kelautan serta Asesor.

Acara pembukaan dimulai jam 08.00 dengan agenda pertama yaitu pembukaan, kemudian Do’a yang dibacakan oleh Bapak Arief Budiyanto, S.Pi., M.Si dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Selanjutnya Sambutan sekaligus laporan dari ketua TUK Garam dan Kelautan, dan disusul oleh Ketua LSP Kelautan, serta sambutan terakhir sekaligus membuka acara adalah sekretaris jurusan kelautan dan perikanan.

333Acara inti dimulai jam 13,00 yakni ujian kompetensi dengan menghadirkan empat Asesor sebagai tim penilai;

  1. Asesor 1 Bapak Fraude Tamba P Hutapea, ST., M.Si
  2. Asesor 2 Ibu Ir. Amna Yunis, MBA
  3. Asesor 3 Bapak Ifan Ariansyach, S.E., M.Env
  4. Asesor 4 Bapak Mohamad Zaki Mahasin, S.Pi., M.Si
  5. Asesor 5 Achmad Solechan

Ujian kompetensi tulis dan wawancara dilakukan di ruang TUK Garam dan Kelautan di gedung Graha Utama Rektorat UTM lantai 7. Sedangkan untuk ujian kompetensi praktek dilaksanakan di Laboratorium Oceanografi dan Laboratorium Garam di Laboratorium Terpadu Universitas Trunojoyo Madura, pada Pukul 19.30 WIB sampai pukul 21.30 WIB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *