Kebijakan Dan Sasaran Serta Strategi Pencapaian PS IKL UTM
No | Sasaran PS Ilmu Kelautan UTM | Target Capaian | ||||||||||||
Sasaran Prodi | Indikator | Strategi Pencapaian | Base-line | 2014 | 2015 | 2016 | 2017 | 2018 | ||||||
1 |
Merancang dan melaksanakan kualitas pendidikan |
|||||||||||||
1.1 | Evaluasi dan penyempurnaan Kurikulum | prodi sudah melaksanakan evaluasi dan penyempurnaan kurikulum | 1. Updating informasi
2. Benchmarking kurikulum kepada perguruan tinggi negeri lain yang sudah terakreditasi A 3. Mengundang stakeholders untuk memberi masukan terkait kurikulum yang akan dirancang 4. Menyelenggarakan lokakarya pengembangan kurikulum |
belum | belum | belum | sudah | sudah | sudah | |||||
1.2 | Peningkatan kualitas penyelenggaraan Sistem pembelajaran | Jumlah dosen yang telah lulus pelatihan teknik instruksional Pekerti dan AA | 1. Pengembangan sistem penjaminan mutu program studi
2. Menyelenggarakan pelatihan pembuatan media pembelajaran bagi dosen, misalnya Pekerti, AA. 3. Menyusun SAP dan GBPP untuk setiap mata kuliah |
80%
belum
40% |
95%
Terlaksana
45% |
100%
terlaksana
50% |
100%
terlaksana
55% |
100%
terlaksana
60% |
100%
terlaksana
65% |
|||||
Persentase mata kuliah berbasis media cetak dan elektronik | ||||||||||||||
1.3 | Ketepatan masa studi
|
Rerata lulusan S1 menyelesaikan kuliahnya tepat waktu
|
1. Desain kurikulum yang mampu mengakselerasi lulusan
2. Keikutsertaan mahasiswa dalam peneltian yang dilakukan dosen 3. Penawaran topik-topik skripsi melalui bidang minat/laboratorium 4. Pelatihan penulisan artikel ilmiah/metode penelitian |
4 tahun, 3 bulan | 4 tahun, 2 bulan | 4 tahun, 1 bulan | 4 tahun, 0 bulan | 4 tahun, 0 bulan | 4 tahun, 0 bulan | |||||
1.4 | Peningkatan IPK
mahasiswa |
Rerata IPK mahasiswa lulusan S1
|
1. Keikutsertaan mahasiswa dalam penelitian yang dilakukan dosen
2. Pelatihan penulisan artikel ilmiah/metode penelitian 3. Menyediakan layanan Bimbingan dan konselling bagi mahasiswa |
3,08 | 3,08 | 3,08 | 3,08 | 3,08 | 3,1 | |||||
1.5 | Pengurangan persentase
DO/keluar |
Persentase angka DO/keluar mahasiswa
|
1. Optimalisasi peran dosen pembimbing akademik
2. Menyediakan layanan bimbingan dan konselling bagi mahasiswa 3. Melakukan evaluasi setiap akhir semester |
6% | 5% | 5% | 2% | 2% | 2% | |||||
1.6 | Peningkatan Kualitas Dosen | Persentase dosen yang berkualifikasi Doktor (S3) | 1. Identifikasi kebutuhan dosen yang akan melanjutkan studi lanjut S3
2. Mengikutsertakan dosen dalam pelatihan peningkatan bahasa inggris dan bahasa asing lainnya |
17% | 35% | 47% | 47% | 47% | 53% | |||||
Persentase dosen yang berkualifikasi jabatan fungsional lektor kepala dan guru besar | 1. Identifikasi dosen yang belum memiliki jabatan fungsional lektor kepala
2. Pengusulan jabatan fungsional lektor kepala dan guru besar |
0,05% | 0,05% | 18% | 18% | 24% | 35% | |||||||
1.7 | Peningkatan kompetensi dosen | Persentase Dosen Bersertifikasi | 1. Percepatan studi lanjut bagi dosen yang masih S2
2. Pelatihan teknik instruksional bagi dosen 3. Penyelenggaraan lokakarya penulisan proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat 4. Penyelenggaraan pelatihan penulisan artikel ilmiah |
70% | 80% | 94% | 94% | 100% | 100% | |||||
1.8 | Sarana dan prasarana pendukung pendidikan
|
Rasio luas bangunan per mahasiswa | 1. Menghitung rasio kebutuhan sarana dan prasarana terhadap mahasiswa yang ada
2. Menyusun Master Plan pengembangan Sarana dan prasarana pendukung pendidikan |
1 | 1,2 | 1,2 | 1,2 | 1,2 | 1,2 | |||||
Persentase matakuliah ber-handout dan berdiktat
|
1. Menyelenggarakan pelatihan pembuatan media pembelajaran bagi dosen, misalnya Pekerti, AA.
2. Menyelenggarakan hibah buku ajar |
90% | 100% | 100% | 100% | 100% | 100% | |||||||
1.9 | Penguatan profesionalitas tenaga kependidikan (PLP)
|
Persentase PLP mengikuti Pelatihan dan Magang
|
1. Melakukan identifikasi kompetensi tenaga kependidikan
2. Pelatihan dan magang tenaga PLP |
50% | 50% | 100% | 100% | 100% | 100% | |||||
1.10 | Peningkatan mutu akreditasi
|
Peringkat Akreditasi Prodi | 1. Pengajuan akreditasi ulang
|
B | B | B | B | A | A | |||||
2 | Peningkatan ketersediaan dan keterjangkauan layanan pendidikan | |||||||||||||
2.1 | Peningkatan daya tampung mahasiswa | Pagu mahasiswa baru yang diterima
|
1. Menghitung rasio kebutuhan sarana dan prasarana terhadap mahasiswa yang ada
2. Menyusun Master Plan pengembangan Sarana dan prasarana pendukung pendidikan |
1:1 | 1:2 | 1:2 | 1:2 | 1:2 | 1:2 | |||||
2.2 | Pengembangan kuantitas dan kualitas sistem pengelolaan beasiswa | Persentase mahasiswa yang mendapat beasiswa
|
1. Mencari informasi penawaran beasiswa oleh lembaga pemberi beasiswa
2. Melaksanakan program pembinaan bagi mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi |
10% | 10% | 10% | 10% | 10% | 10% | |||||
3 | Penguatan pola pembinaan dan pengembangan kemahasiswaan dan peran alumni | |||||||||||||
3.1 | Peningkatan kecepatan mendapatkan pekerjaan setelah lulus | Masa tunggu lulusan mendapat pekerjaan sesudah kelulusan
|
1. Pengintegrasian unsur soft skill dan enterpreunership dalam proses pendidikan
2. Memberikan layanan pembinaan karir dan kewirausahaan pada Career Development and Enterpreneurship Center (CDEC) 3. Pelatihan bahasa inggris |
≤ 8 bulan | ≤ 7 bulan | ≤ 7 bulan | ≤ 7 bulan | ≤ 6 bulan | ≤ 6 bulan | |||||
3.2 | Penguatan penguasaan bahasa asing dan Teknologi Informasi dan komunikasi bagi mahasiswa | Persentase mahasiswa yang memiliki TOEFL ≥450 (per tahun)
|
1. Pelatihan bahasa inggris intensif | <50% | 55% | 60% | 65% | 70% | 75% | |||||
3.3 | Pembinaan dan pengembangan Alumni melalui pelatihan life skill | Jumlah pelatihan bagi alumni yang baru lulus
|
1. Penguatan pusat informasi lapangan kerja dan pelatihan tenaga kerja | 1 | 1 | 2 | 2 | 2 | 3 | |||||
3.4 | Peningkatan kompetensi alumni | Nilai Kepuasan Pengguna Lulusan Terhadap Kualitas Alumni | 1. Updating kurikulum
2. Hearing dengan stakeholders 3. Survei kepuasaan pengguna alumni |
300 | 300 | 300 | 350 | 350 | 400 | |||||
4 | Peningkatan dan pengembangan kapasitas infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi | |||||||||||||
4.1 | Penambahan kapasitas akses internet
|
Penambahan kapasitas bandwith (Mbps)
|
1. Menganalisis log akses terkait dengan pemanfaatan internet
2. Mengoptimalkan bandwidth managemen, untuk mengatur penggunaan bandwidth di masing masing fakutlas /unit |
80 | 120 | 200 | 300 | 400 | 500 | |||||
4.2 | Penambahan kapasitas hot spot pada sentral kegiatan mahasiswa
|
Jumlah titik hot spot
|
1. Pemetaan titik titik area publik di lingkungan UTM
2. Penambahan instalasi listrik pada titik-titik area publik 3. Pengoptimalan wifi controller untuk mengatur penggunaan titik-titik hot spot |
30 | 35 | 40 | 45 | 50 | 55 | |||||
4.3 | Pengembangan website
|
Jumlah website
|
1. Melakukan identifikasi kebutuhan terkait dengan fitur dan modul website
2. Memetakaan penggunaan IP publik 3. Membuat SOP terkait dengan pengisian konten website, untuk menjamin keberlangsungan isi website |
1 | 1 | 2 | 2 | 3 | 3 | |||||
5 | Pelaksanaan pola manajemen good governance dan profesional | |||||||||||||
5.1 | Pengelolaan SDM
|
Tersedianya dokumen pengelolaan SDM
|
1. Penyusunan dokumen SDM
2. Penyusunan SOP studi lanjut 3. Penyusunan manual prosedur: studi lanjut, pembinaan karir dosen |
Tidak ada | ada | ada | ada | ada | ada | |||||
5.2 | Peningkatan kualitas Akademik | Tersusunnya Dokumen Akademik
|
1. Penyusunanan kebijakan akademik, standar mutu akademik dan peraturan akademik
2. Laporan kegiatan akademik 3. Monitoring dan evaluasi akademik |
ada | ada | ada | ada | ada | ada | |||||
5.3 | Pengembangan Sistem Manajemen Aset
|
Tersusunnya Sistem Informasi Manajemen Aset | 1. Penyusunan SOP manajemen aset
2. Sosialisasi sistem informasi aset 3. Pelatihan penggunaan sistem informasi aset 4. Evaluasi pengelolaan aset |
ada | ada | ada | ada | ada | ada | |||||
Dokumen aset universitas | 1. Tersusunnya buku aset
2. Pemeliharaan aset 3. Monitoring aset 4. Audit barang milik negara |
|||||||||||||
5.4 | Transparansi Pengelolaan Keuangan | Tersedianya dokumen pengelolaan keuangan | 1. Penyusunan SOP pengelolaan keuangan
2. Sosialisasi SOP pengelolaan keuangan |
ada
ada |
ada
ada |
Ada
ada |
Ada
ada |
Ada
ada |
Ada
ada |
|||||
Adanya dokumen tata pamong
|
1. Penyusunan jadwal audit di tingkat fakultas dan unit
2. Pelaksanaan audit secara berkala 3. Penyampaian hasil temuan audit kepada auditee dan pimpinan unit |
|||||||||||||
5.5 | Tata Pamong
|
Adanya dokumen tata pamong
|
1. Penyusunan dokumen Statuta, OTK, dan Renstra
2. Sosialisasi sistem tata pamong 3. Pelaksanaan tata pamong 4. Evaluasi sistem tata pamong |
ada | Ada | ada | ada | ada | ada | |||||
5.6 | Peningkatan kualitas tenaga kependidikan untuk menghasilkan tenaga profesional | Jumlah tenaga kependidikan yang bersertifikat keahlian dan profesi
|
1. Mengirim tenaga kependidikan untuk mengikuti pelatihan profesi
2. Mengadakan in-house training keahlian tertentu |
2 | 2 | 2 | 2 | 3 | 4 | |||||
5.7 | Peningkatan ketersediaan sarana dan prasarana pendukung dalam pelaksanaan tugas | Jumlah perangkat komputer untuk pelayanan akademik
|
1. Menginventarisasi aset komputer universitas
2. Melakukan pemberdayaan organisasi ikoma dan alumni untuk memberikan bantuan komputer terhadap fakultas |
2 | 4 | 4 | 4 | 5 | 5 | |||||
5.8 | Penegakan disiplin dan pelaksanaan kode etik dosen | Tersedianya dokumen kode etik dosen
|
1. Membentuk tim taskforce untuk membuat dokumen kode etik
2. Melakukan proses hearing dengan mahasiswa dan dosen untuk menggali bahan kajian kode etik |
ada | ada | ada | ada | ada | ada |
30 Underbust/ Sternum Tattoo Design Brushes for Procreate, 30 Procreate Old School Stamps Traditional Tattoo Brushes Vintage Oldschool, Bundle Witch Doodle Icon Hand Drawn Clip Art Digital Design
Fancy clipart: Abstract Shapes, Fantasy creatures, Nursery Baby clipart, Holidays & Celebrations, Outer Space Clipart, Landscape & Seaside, Flowers Clipart, Animals & Pets, Tattoos clipart, Skull Design, Retro & Vintage Signs, Street Art & Y2K
Отличный вариант для всех, просто пишите ArataurNiladwyn@gmail.com 000*** ilmukelautan.trunojoyo.ac.id
Synthetic dreads, wood dreads, beads and spiral locks
KUZEMA personalised baby gifts.United Kingdom
Watercolor Floral Bundle Clip Art Instant Download For Commercial Use, PNG Flower Branch Wreath Graphic illustration element, Perfect Choice for Weddings or Designers, Flower clip art for weddings, Summer floral clip art free
Colorful Flowers, Floral, Cute Flower svg, Gardening flower svg, Flat flowers clipart, Flower Power, PNG file, PDF file, SVG file, Flowers Clipart Set, Colorful Floral, Flower Bouquet svg, Flowers PNG, Cute Flowers PNG, Party Decorations
Women’s Linen clothing brand. Made in Ukraine
Crab, Shell, Penguin, Pit Bull, Frog Wild Animal Heads, Faces SVG Clipart, Tiger, Crocodile, Elephant, Giraffe, Monkey, Zebra, Lion, Hippo, Zoo Animal Faces Svg, Wild Animal Faces Clipart Set, lion, tiger, animal faces, wolf, African Animal Faces Clipart
Women’s Linen clothing brand